Sejarah OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang hampir pasti dimiliki setiap sekolah di Indonesia. OSIS merupakan wadah bagi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi. Sebagian dari kita pasti pernah atau sedang tergabung dalam organisasi yang satu ini. Kegiatan sewaktu OSIS dulu pasti memberikan kenangan yang membekas bagi para anggotanya. Banyak hal yang dialami dan dapat dipelajari dari mengikuti OSIS di sekolah. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang sejarah OSIS di Indonesia serta fungsi dan perangkatnya dalam tatanan pendidikan negara.
Sebelum adanya OSIS, sudah terdapat beberapa jenis organisasi di sekolah di tingkat SMP dan SMA. Organisasi ini memiliki banyak bentuk yang berbeda baik yang bersifat internal atau eksternal. Organisasi internal artinya organisasi ini hanya dikhususkan bagi siswa di sekolah tersebut. Sementara organisasi eksternal berarti anggotanya berasal tidak hanya dari sekolah tersebut. Masalah timbul untuk jenis organisasi eksternal ini. Pada masa itu, sebagian organisasi eksternal ini memiliki muatan politis dimana kendali terhadap organisasi tidak berada di dalam sekolah, melainkan oleh pihak lain di luar sekolah. Hal ini menyebabkan adanya loyalitas ganda bagi anggotanya. Anggota organisasi yang juga murid dari suatu sekolah pasti akan memiliki dua aturan yang harus diikuti, yakni aturan resmi sekolah dan aturan dari organisasi luar sekolah. Kondisi ini memilki risiko dimana adanya pihak pihak yang mungkin saja memanfaatkan masa siswa sekolah untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.
Di periode tahun 1970 – 1972, para pemimpin organisasi siswa mulai sadar dan peduli untuk memupuk persatuan di antara siswa sambil menghindari kemungkinan konflik antar murid di dalam sekolah atau antar murid di sekolah berbeda. Dengan semangat pembinaan dan pengembangan generasi muda, kemudian dibentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat OSIS. OSIS telah menjadi bagian dalam sejarah negara Indonesia.
Definisi, Latar Belakang dan Tujuan Osis
OSIS didefinisikan sebagai satu satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah, dimana setiap sekolah memiliki kewajiban untuk membentuk OSIS masing masing. OSIS di suatu sekolah haruslah tidak memiliki hubungan secara organisasi dengan OSIS di sekolah lain atau organisasi eksternal lain di luar sekolah. Di awal pembentukannya, OSIS memiliki tujuan sebagai sarana pemerintah untuk membina para siswa agar menjadi penerus perjuangan bangsa. OSIS merupakan salah satu cara pembinaan siswa yang digelar secara nasional. Pemerintah mencanangkan 4 Jalur Pembinaan Kesiswaan pada saat itu, yang terdiri dari:
- Organisasi Kesiswaan
- Latihan Kepemimpinan
- Kegiatan Ekstrakulikuler
- Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Sebagai organisasi kesiswaan, OSIS memiliki tujuan pokok awal sebagai berikut:
- Menampung ide, kreativitas, pandangan, minat dan bakat siswa ke dalam wadah yang tidak terpengaruh efek negatif dari luar sekolah. (Baca Juga : Sejarah Kota Tua Jakarta)
- Meningkatkan sikap, jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan diantara para siswa, sehingga siswa dapat secara aktif mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah
- Sebagai sarana komunikasi, bertukar gagasan dan berpendapat yang nantinya dapat memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir dan melatih skill pengambilan keputusan siswa
Dapat kita lihat bahwa semangat pembangunan OSIS adalah untuk membina para siswa di tingkat SMP dan SMA agar memiliki berbagai kemampuan yang nantinya bisa menjadi bekal yang cukup untuk meneruskan tampuk kepemimpinan di negara Indonesia. Dengan adanya OSIS, diharapkan siswa bisa melakukan lebih banyak kegiatan positif di dalam sekolah dan terhindar dari pengaruh negatif yang terjadi baik saat itu maupun di zaman modern ini.
Fungsi dan Karakteristik OSIS
Sebagai satu satunya organisasi yang ada di sekolah, OSIS tentunya memiliki fungsi tersendiri. Fungsi OSIS dapat dijabarkan ke tiga poin sebagai berikut:
1. OSIS Sebagai Wadah
Dalam fungsi ini, OSIS berperan sebagai satu satunya wadah kegiatan siswa di sekolah. OSIS hadir untuk bersama kegiatan jalur pembinaan lain di sekolah, seperti kegiatan latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, maupun aktivitas wiyata mandala. OSIS dan kegiatan pembinaan ini berfungsi untuk mendukung tercapainya target pembinaan siswa di sekolah. (Baca Juga : Sejarah Olahraga Lari)
2. OSIS Sebagai Pendorong
OSIS disini berperan sebagai motivator bagi para anggotanya dan siswa lainnya di lingkup sekolah. OSIS berfungsi sebagai pendorong semangat dan inisiatif siswa untuk berbuat positif dan bergerak bersama sama untuk mencapai suatu tujuan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di dalam OSIS yang nantinya dapat menjadi sarana untuk mendorong siswa bekerjasama dalam organisasi. (Baca Juga : Sejarah Alat Musik Angklung)
3. OSIS Sebagai Pencegah
OSIS berfungsi sebagai lembaga pencegah pengaruh negatif baik dari internal maupun eksternal sekolah. OSIS harus memiliki kemampuan dan wawasan yang luas agar dapat menggerakkan anggotanya untuk bersama sama mencegah adanya kegiatan negatif yang di lakukan siswa. OSIS harus mampu beradaptasi dengan lingkungan eksternal sehingga bisa berpartisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan seperti kenakalan remaja, penyimpangan remaja dan banyak lainnya.
Fungsi ini erat kaitannya dengan fungsi pendorong pada poin sebelumnya. Kemampuan OSIS untuk mendorong anggota dan siswa di sekolah untuk berbuat positif juga harus dibarengi dengan kemampuannya dalam mencegah berkembangnya ide atau pemikiran negatif yang dapat merusak kehidupan siswa di sekolah. (Baca Juga : Sejarah Gitar)
Ketiga fungsi OSIS ini juga menjadi karakteristik OSIS sebagai organisasi sekolah yang digerakan oleh siswa. OSIS memiliki corak yang khas sebagai organisasi anak muda yang orientasinya adalah pembinaan anak muda lainnya dalam lingkup sekolah.
Perangkat OSIS
Sebagaimana organisasi pada umumnya, OSIS juga memiliki perangkat sendiri dengan bentuk dan fungsinya masing masing. Berikut adalah perangkat OSIS beserta fungsi yang diembannya:
1. Pembina OSIS
Pembina OSIS terdiri dari tiga unsur, yakni Kepala Sekolah sebagai Ketua, Wakil Kepala Sekolah sebagai Wakil Ketua dan Guru sebagai anggota. Jumlah pembina guru ini bervariasi namun sedikitnya harus ada 5 orang guru yang menjadi pembina OSIS dan bergantian setiap tahun ajaran sekolah. Secara umum, pembina OSIS memiliki tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan OSIS di sekolahnya.
Pembina OSIS juga aktif memberi masukan kepada perwakilan kelas dan pengurus OSIS. Pembina OSIS adalah perangkat yang mengesahkan anggota perwakilan kelas dan pengurus OSIS. Proses pengesahan dan pelantikan ini menggunakan Surat Keputusan Kepala Sekolah. Tugas lain dari pembina OSIS adalah mengikuti rapat OSIS dan melakukan evaluasi terhadap kinerja OSIS
2. Perwakilan Kelas
Perwakilan kelas adalah 2 orang siswa dari setiap kelas yang memiliki tugas khusus dalam pembentukan OSIS. Tugas dari perwakilan kelas dalam perangkat OSIS termasuk mengajukan ide kegiatan atau program kerja OSIS, mencalonkan pengurus OSIS berdasarkan rapat kelas dan memilih pengurus OSIS. Perwakilan kelas juga akan menilai laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus OSIS di akhir masa jawabatannya. Selain itu, perwakilan kelas juga akan aktif terlibat dalam penyusunan Anggaran Rumah Tangga OSIS. Perwakilan kelas harus aktif mengikuti rapat perwakilan kelas untuk mewakili kelasnya masing masing
3. Pengurus OSIS
Pengurus OSIS adalah perangkat OSIS ketiga yang aktif menjalankan fungsi dan tujuan OSIS. Secara umum, pengurus OSIS memiliki kewajiban untuk membuat dan menjalankan program kerja sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS yang telah disepakati di awal kepengurusan. Pengurus OSIS wajib menjunjung nama baik dan kehormatan sekolah. Inilah sebabnya terdapat banyak syarat untuk bisa menjadi seorang pengurus OSIS.
Syarat untuk menjadi pengurus OSIS termasuk beriman, memilki budi pekerti & sopan santun, berbakat sebagai pemimpin, berkemampuan cukup, memiliki manajemen waktu yang baik, bebas dari narkoba dan syarat lainnya. Untuk bisa terpilih, pengurus OSIS dapat dicalonkan oleh perwakilan kelas maupun mendaftar sendiri. Tugas OSIS lainnya adalah penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepada Pembina OSIS dan perwakilan kelas. Dalam mengerjakan tugasnya, pengurus OSIS harus selalu berkomunikasi dengan pembina OSIS.
Ketiga perangkat OSIS diatas merupakan perangkat OSIS dasar yang sejak dulu ada di sekolah. Meski begitu, terdapat perbedaan perangkat OSIS di zaman kini, sepertinya tidak adanya perangkat Perwakilan Kelas di dalam struktur OSIS. Di beberapa sekolah, peran perwakilan kelas ini dipisahkan menjadi lembaga yang disebut Majelis Permusyawaratan Kelas atau MPK.
Secara struktur, lembaga ini tidak berada di bawah OSIS, namun tetap berkordinasi aktif dengan OSIS. Peran MPK ini juga sama dengan peran perwakilan kelas sebagaimana disebutkan diatas. Setiap sekolah memiliki bentuk organisasi OSISnya masing masing sehingga penamaan lembaga perwakilan kelas ini mungkin berbeda beda untuk tiap sekolah baik di SMP maupun SMA. (Baca Juga : Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia)
Manfaat OSIS
Adanya OSIS tentunya memberikan dampak yang positif baik bagi pengusnya, siswa dan sekolah secara umum. Kegiatan yang dilakukan OSIS dapat memberikan manfaat bagi siswa di sekolah tersebut. Berikut adalah daftar manfaat yang dapat ditimbulkan oleh OSIS:
- Melatih Kepemimpinan
Salah satu aspek pembinaan dalam OSIS adalah meningkatkan kepemimpinan. Peningkatan kepemimpinan ini dapat berupa penambahan kemampuan seorang siswa dalam menggerakan sumber daya yang dimilikinya secara efektif.
- Meningkatkan kemampuan manajemen
Keahlian manajemen merupakan skill penting yang wajib dimiliki seseorang. Mempelajadi skill ini semenjak sekolah dengan OSIS adalah pilihan yang sangat baik bagi para siswa. Dengan OSIS, siswa mampu melatihan kemampuan mengatur, menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program kesiswaan.
- Pengalaman organisasi
Pengalaman organisasi merupakan manfaat yang berharga yang akan didapat siswa dari OSIS. Pengetahuan tentang organisasi penting bagi siswa sehingga nantinya bisa langsung bekerjasama bila masuk organisasi selain OSIS, misalnya saat memasuki dunia kerja nanti.
- Meningkatkan kerjasama
Skill lain yang juga dapat dikembangkan di OSIS adalah kerjasama dalam tim. Di OSIS, siswa diajarkan untuk bisa bekerjasama dengan siswa lainnya untuk mencapai tujuan OSIS. Kerjasama di OSIS juga dapat berupa kerjasama antara siswa dan pembina OSIS, yang mana merupakan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa guru. Kemampuan bekerja dengan pihak yang lebih senior dan memiliki jabatan lebih tinggi akan melatih diri siswa untuk bisa bekerja sesuai dengan porsi dan tanggung jawab yang dimilikinya.
- Kontribusi lewat Program Kerja
Selain mendapat manfaat untuk diri sendiri, OSIS juga memberikan peluang untuk berkontribusi bagi pihak lain semisal sekolah, lingkungan sekitar maupun negara. Siswa dapat menyusun dan melaksanakan program kerja yang dapat bermanfaat untuk siswa lainnya maupun masyarakat yang lebih luas. Misalnya, kegiatan bakti sosial atau donor darah akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi siswa namun juga masyarakat umum lain di luar sekolah.
Dilihat dari sejarah OSIS dapat dikatakan sebagai organisasi di sekolah yang sudah lama berdiri. OSIS kini berkembang menjadi semakin baik dengan format yang mungkin berbeda dari awal pembentukannya. Meski begitu, OSIS tetap memiliki semangat untuk melakukan pembinaan terhadap siswa di sekolah agar bisa bermanfaat bagi negara.
Sejarah OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang hampir pasti dimiliki setiap sekolah di Indonesia. OSIS merupakan wadah bagi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi. Sebagian dari kita pasti pernah atau sedang tergabung dalam organisasi yang satu ini. Kegiatan sewaktu OSIS dulu pasti memberikan kenangan yang membekas bagi para anggotanya. Banyak hal yang dialami dan dapat dipelajari dari mengikuti OSIS di sekolah. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang sejarah OSIS di Indonesia serta fungsi dan perangkatnya dalam tatanan pendidikan negara.
Sebelum adanya OSIS, sudah terdapat beberapa jenis organisasi di sekolah di tingkat SMP dan SMA. Organisasi ini memiliki banyak bentuk yang berbeda baik yang bersifat internal atau eksternal. Organisasi internal artinya organisasi ini hanya dikhususkan bagi siswa di sekolah tersebut. Sementara organisasi eksternal berarti anggotanya berasal tidak hanya dari sekolah tersebut. Masalah timbul untuk jenis organisasi eksternal ini. Pada masa itu, sebagian organisasi eksternal ini memiliki muatan politis dimana kendali terhadap organisasi tidak berada di dalam sekolah, melainkan oleh pihak lain di luar sekolah. Hal ini menyebabkan adanya loyalitas ganda bagi anggotanya. Anggota organisasi yang juga murid dari suatu sekolah pasti akan memiliki dua aturan yang harus diikuti, yakni aturan resmi sekolah dan aturan dari organisasi luar sekolah. Kondisi ini memilki risiko dimana adanya pihak pihak yang mungkin saja memanfaatkan masa siswa sekolah untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.
Di periode tahun 1970 – 1972, para pemimpin organisasi siswa mulai sadar dan peduli untuk memupuk persatuan di antara siswa sambil menghindari kemungkinan konflik antar murid di dalam sekolah atau antar murid di sekolah berbeda. Dengan semangat pembinaan dan pengembangan generasi muda, kemudian dibentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat OSIS. OSIS telah menjadi bagian dalam sejarah negara Indonesia.
Definisi, Latar Belakang dan Tujuan Osis
OSIS didefinisikan sebagai satu satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah, dimana setiap sekolah memiliki kewajiban untuk membentuk OSIS masing masing. OSIS di suatu sekolah haruslah tidak memiliki hubungan secara organisasi dengan OSIS di sekolah lain atau organisasi eksternal lain di luar sekolah. Di awal pembentukannya, OSIS memiliki tujuan sebagai sarana pemerintah untuk membina para siswa agar menjadi penerus perjuangan bangsa. OSIS merupakan salah satu cara pembinaan siswa yang digelar secara nasional. Pemerintah mencanangkan 4 Jalur Pembinaan Kesiswaan pada saat itu, yang terdiri dari:
- Organisasi Kesiswaan
- Latihan Kepemimpinan
- Kegiatan Ekstrakulikuler
- Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Sebagai organisasi kesiswaan, OSIS memiliki tujuan pokok awal sebagai berikut:
- Menampung ide, kreativitas, pandangan, minat dan bakat siswa ke dalam wadah yang tidak terpengaruh efek negatif dari luar sekolah. (Baca Juga : Sejarah Kota Tua Jakarta)
- Meningkatkan sikap, jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan diantara para siswa, sehingga siswa dapat secara aktif mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah
- Sebagai sarana komunikasi, bertukar gagasan dan berpendapat yang nantinya dapat memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir dan melatih skill pengambilan keputusan siswa
Dapat kita lihat bahwa semangat pembangunan OSIS adalah untuk membina para siswa di tingkat SMP dan SMA agar memiliki berbagai kemampuan yang nantinya bisa menjadi bekal yang cukup untuk meneruskan tampuk kepemimpinan di negara Indonesia. Dengan adanya OSIS, diharapkan siswa bisa melakukan lebih banyak kegiatan positif di dalam sekolah dan terhindar dari pengaruh negatif yang terjadi baik saat itu maupun di zaman modern ini.
Fungsi dan Karakteristik OSIS
Sebagai satu satunya organisasi yang ada di sekolah, OSIS tentunya memiliki fungsi tersendiri. Fungsi OSIS dapat dijabarkan ke tiga poin sebagai berikut:
1. OSIS Sebagai Wadah
Dalam fungsi ini, OSIS berperan sebagai satu satunya wadah kegiatan siswa di sekolah. OSIS hadir untuk bersama kegiatan jalur pembinaan lain di sekolah, seperti kegiatan latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, maupun aktivitas wiyata mandala. OSIS dan kegiatan pembinaan ini berfungsi untuk mendukung tercapainya target pembinaan siswa di sekolah. (Baca Juga : Sejarah Olahraga Lari)
2. OSIS Sebagai Pendorong
OSIS disini berperan sebagai motivator bagi para anggotanya dan siswa lainnya di lingkup sekolah. OSIS berfungsi sebagai pendorong semangat dan inisiatif siswa untuk berbuat positif dan bergerak bersama sama untuk mencapai suatu tujuan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di dalam OSIS yang nantinya dapat menjadi sarana untuk mendorong siswa bekerjasama dalam organisasi. (Baca Juga : Sejarah Alat Musik Angklung)
3. OSIS Sebagai Pencegah
OSIS berfungsi sebagai lembaga pencegah pengaruh negatif baik dari internal maupun eksternal sekolah. OSIS harus memiliki kemampuan dan wawasan yang luas agar dapat menggerakkan anggotanya untuk bersama sama mencegah adanya kegiatan negatif yang di lakukan siswa. OSIS harus mampu beradaptasi dengan lingkungan eksternal sehingga bisa berpartisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan seperti kenakalan remaja, penyimpangan remaja dan banyak lainnya.
Fungsi ini erat kaitannya dengan fungsi pendorong pada poin sebelumnya. Kemampuan OSIS untuk mendorong anggota dan siswa di sekolah untuk berbuat positif juga harus dibarengi dengan kemampuannya dalam mencegah berkembangnya ide atau pemikiran negatif yang dapat merusak kehidupan siswa di sekolah. (Baca Juga : Sejarah Gitar)
Ketiga fungsi OSIS ini juga menjadi karakteristik OSIS sebagai organisasi sekolah yang digerakan oleh siswa. OSIS memiliki corak yang khas sebagai organisasi anak muda yang orientasinya adalah pembinaan anak muda lainnya dalam lingkup sekolah.
Perangkat OSIS
Sebagaimana organisasi pada umumnya, OSIS juga memiliki perangkat sendiri dengan bentuk dan fungsinya masing masing. Berikut adalah perangkat OSIS beserta fungsi yang diembannya:
1. Pembina OSIS
Pembina OSIS terdiri dari tiga unsur, yakni Kepala Sekolah sebagai Ketua, Wakil Kepala Sekolah sebagai Wakil Ketua dan Guru sebagai anggota. Jumlah pembina guru ini bervariasi namun sedikitnya harus ada 5 orang guru yang menjadi pembina OSIS dan bergantian setiap tahun ajaran sekolah. Secara umum, pembina OSIS memiliki tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan OSIS di sekolahnya.
Pembina OSIS juga aktif memberi masukan kepada perwakilan kelas dan pengurus OSIS. Pembina OSIS adalah perangkat yang mengesahkan anggota perwakilan kelas dan pengurus OSIS. Proses pengesahan dan pelantikan ini menggunakan Surat Keputusan Kepala Sekolah. Tugas lain dari pembina OSIS adalah mengikuti rapat OSIS dan melakukan evaluasi terhadap kinerja OSIS
2. Perwakilan Kelas
Perwakilan kelas adalah 2 orang siswa dari setiap kelas yang memiliki tugas khusus dalam pembentukan OSIS. Tugas dari perwakilan kelas dalam perangkat OSIS termasuk mengajukan ide kegiatan atau program kerja OSIS, mencalonkan pengurus OSIS berdasarkan rapat kelas dan memilih pengurus OSIS. Perwakilan kelas juga akan menilai laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus OSIS di akhir masa jawabatannya. Selain itu, perwakilan kelas juga akan aktif terlibat dalam penyusunan Anggaran Rumah Tangga OSIS. Perwakilan kelas harus aktif mengikuti rapat perwakilan kelas untuk mewakili kelasnya masing masing
3. Pengurus OSIS
Pengurus OSIS adalah perangkat OSIS ketiga yang aktif menjalankan fungsi dan tujuan OSIS. Secara umum, pengurus OSIS memiliki kewajiban untuk membuat dan menjalankan program kerja sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS yang telah disepakati di awal kepengurusan. Pengurus OSIS wajib menjunjung nama baik dan kehormatan sekolah. Inilah sebabnya terdapat banyak syarat untuk bisa menjadi seorang pengurus OSIS.
Syarat untuk menjadi pengurus OSIS termasuk beriman, memilki budi pekerti & sopan santun, berbakat sebagai pemimpin, berkemampuan cukup, memiliki manajemen waktu yang baik, bebas dari narkoba dan syarat lainnya. Untuk bisa terpilih, pengurus OSIS dapat dicalonkan oleh perwakilan kelas maupun mendaftar sendiri. Tugas OSIS lainnya adalah penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepada Pembina OSIS dan perwakilan kelas. Dalam mengerjakan tugasnya, pengurus OSIS harus selalu berkomunikasi dengan pembina OSIS.
Ketiga perangkat OSIS diatas merupakan perangkat OSIS dasar yang sejak dulu ada di sekolah. Meski begitu, terdapat perbedaan perangkat OSIS di zaman kini, sepertinya tidak adanya perangkat Perwakilan Kelas di dalam struktur OSIS. Di beberapa sekolah, peran perwakilan kelas ini dipisahkan menjadi lembaga yang disebut Majelis Permusyawaratan Kelas atau MPK.
Secara struktur, lembaga ini tidak berada di bawah OSIS, namun tetap berkordinasi aktif dengan OSIS. Peran MPK ini juga sama dengan peran perwakilan kelas sebagaimana disebutkan diatas. Setiap sekolah memiliki bentuk organisasi OSISnya masing masing sehingga penamaan lembaga perwakilan kelas ini mungkin berbeda beda untuk tiap sekolah baik di SMP maupun SMA. (Baca Juga : Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia)
Manfaat OSIS
Adanya OSIS tentunya memberikan dampak yang positif baik bagi pengusnya, siswa dan sekolah secara umum. Kegiatan yang dilakukan OSIS dapat memberikan manfaat bagi siswa di sekolah tersebut. Berikut adalah daftar manfaat yang dapat ditimbulkan oleh OSIS:
- Melatih Kepemimpinan
Salah satu aspek pembinaan dalam OSIS adalah meningkatkan kepemimpinan. Peningkatan kepemimpinan ini dapat berupa penambahan kemampuan seorang siswa dalam menggerakan sumber daya yang dimilikinya secara efektif.
- Meningkatkan kemampuan manajemen
Keahlian manajemen merupakan skill penting yang wajib dimiliki seseorang. Mempelajadi skill ini semenjak sekolah dengan OSIS adalah pilihan yang sangat baik bagi para siswa. Dengan OSIS, siswa mampu melatihan kemampuan mengatur, menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program kesiswaan.
- Pengalaman organisasi
Pengalaman organisasi merupakan manfaat yang berharga yang akan didapat siswa dari OSIS. Pengetahuan tentang organisasi penting bagi siswa sehingga nantinya bisa langsung bekerjasama bila masuk organisasi selain OSIS, misalnya saat memasuki dunia kerja nanti.
- Meningkatkan kerjasama
Skill lain yang juga dapat dikembangkan di OSIS adalah kerjasama dalam tim. Di OSIS, siswa diajarkan untuk bisa bekerjasama dengan siswa lainnya untuk mencapai tujuan OSIS. Kerjasama di OSIS juga dapat berupa kerjasama antara siswa dan pembina OSIS, yang mana merupakan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa guru. Kemampuan bekerja dengan pihak yang lebih senior dan memiliki jabatan lebih tinggi akan melatih diri siswa untuk bisa bekerja sesuai dengan porsi dan tanggung jawab yang dimilikinya.
- Kontribusi lewat Program Kerja
Selain mendapat manfaat untuk diri sendiri, OSIS juga memberikan peluang untuk berkontribusi bagi pihak lain semisal sekolah, lingkungan sekitar maupun negara. Siswa dapat menyusun dan melaksanakan program kerja yang dapat bermanfaat untuk siswa lainnya maupun masyarakat yang lebih luas. Misalnya, kegiatan bakti sosial atau donor darah akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi siswa namun juga masyarakat umum lain di luar sekolah.
Dilihat dari sejarah OSIS dapat dikatakan sebagai organisasi di sekolah yang sudah lama berdiri. OSIS kini berkembang menjadi semakin baik dengan format yang mungkin berbeda dari awal pembentukannya. Meski begitu, OSIS tetap memiliki semangat untuk melakukan pembinaan terhadap siswa di sekolah agar bisa bermanfaat bagi negara.
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 SIDIKALANG
Jalan DR. FL. Tobing Kode Pos 22211 Kec. Sidikalang Kab. Dairi
Telepon (0627) 21232 Website : http://smanegeri1sidikalang.sch.id Email: sman1_sdk@yahoo.co.id
KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Nomor : 422/566/SMA.01/01/2022
TENTANG
SUSUNAN KEPENGURUSAN DEWAN PEMBINA, MUSYAWARAH PERWAKILAN KELAS (MPK)
DAN BADAN PENGURUS HARIAN (BPH) OSIS SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
MASA BAKTI 2022-2023
KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Menimbang : a. Periode Kepengurusan OSIS Masa Bakti 2021-2022 telah berakhir.
b. Berdasarkan point (a) di atas dalam kesinambungan Kepengurusan OSIS dipandang perlu untuk menentukan Pengurus Baru untuk Masa Bakti 2022-2023.
Mengingat : 1. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0461/V/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan.
2. Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor. 226/C/Kep/O/1992 tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
3. Hasil Pemilihan Pengurus OSIS pada tanggal 24 September 2022
M E M U T U S K A N
Menetapkan :
Pertama : Susunan Dewan Pembina OSIS Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran I Keputusan ini.
Kedua : Susunan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran II Surat Keputusan ini.
Ketiga : Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran III Surat Keputusan ini.
Keempat : Susunan Anggota Paskibras Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran IV Surat Keputusan ini.
Kelima : Susunan Anggota Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)/Palang Merah Remaja (PMR) Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran V Surat Keputusan ini.
Keenam : Susunan Anggota Penegak Disiplin Sekolah 2022-2023 seperti dalam Lampiran VI Surat Keputusan ini.
Ketujuh : Susunan Anggota Tim Adiwiyata Masa Bakti 2022-2023 seperti dalam Lampiran VII Surat Keputusan ini.
Kedelapan : Agar Dewan Pembina, Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) dan Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS Masa Bakti 2022-2023, melaksanakan tugas dharma baktinya secara iklas tanpa pamrih dengan sebaik-baiknya.
Kesembilan : Agar Dewan Pembina, Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) dan Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS melaporkan pelaksanaan tugasnya secara berkala kepada Kepala Sekolah.
Kesepuluh : Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan Keputusan ini dibebankan pada anggaran yang sesuai.
Kesebelas : Apabila terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
Keduabelas : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di : Sidikalang
Pada Tanggal : 10 Oktober 2022
KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Drs. SILAS SAHAT SIHOMBING
Pembina Tk. I
NIP. 19650727 199512 1 001
LAMPIRAN I : KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Nomor : 422/566/SMA.01/01/2022
Tanggal : 10 Oktober 2022
Tentang : Susunan Dewan Pembina OSIS Masa Bakti 2022-2023
No |
Nama |
NIP |
Pangkat/ Gol. Ruang |
Jabatan |
Jabatan Dewan Pembina |
|
1 |
Drs. SILAS SAHAT SIHOMBING |
19650727 199512 1 001 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Kepala Sekolah |
Ketua Pembina |
|
2 |
EDWIN JULANDI PASARIBU, S.Pd |
19770720 200312 1 003 |
Penata Tk. I, III/d |
Wakasek |
Wakil Ketua Pembina |
|
3 |
BERNANDUS MUNTHE, S.Ag |
19750817 200604 1 006 |
Penata Tk. I, III/d |
Wakasek |
Wakil Ketua Pembina |
|
4 |
RONALD PASARIBU, S.Pd, M.Si |
19810713 200604 1 003 |
Penata, III/c |
Wakasek |
Wakil Ketua Pembina |
|
5 |
RATNA LESTARI BR. SIANTURI, S.Pd |
19740401 200502 2 002 |
Pembina, IV/a |
Wakasek |
Wakil Ketua Pembina |
|
6 |
PARSAORAN SITUMORANG, S.Si |
19820610 201001 1 031 |
Penata, III/c |
Wakasek |
Wakil Ketua Pembina |
|
7 |
NORMINANDA N. SIRAIT, S.Pd |
19640701 198803 2 002 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Staf Khusus |
Anggota |
|
8 |
LOVES P. TUMANGGOR, S.Pd |
19691202 200212 1 002 |
Pembina, IV/a |
Staf Khusus |
Anggota |
|
9 |
WAHYU LINGGA, S.Pd |
19900113 201508 1 001 |
Penata Muda Tk. I, III/b |
Staf Khusus |
Anggota |
|
10 |
JUNIAR SIHOMBING, S.Pd |
19650604 199103 2 004 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Guru |
Pembina Seksi Kerohanian Protestan
|
|
11 |
HOPMA SINAGA, S.Pd |
19660612 199103 2 008 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Guru |
|
|
12 |
DORMIAN BR HUTAGALUNG,S.PAK |
19770707 200604 2 005 |
Penata Tk. I, III/d |
Guru |
|
|
13 |
MARLINA PADANG, S.Th |
19780918 200604 2 016 |
Penata Tk. I, III/d |
Guru |
|
|
14 |
BERNANDUS MUNTHE, S.Ag |
19750817 200604 1 006 |
Penata Tk. I, III/d |
Guru |
Pembina Seksi Kerohanian Katolik |
|
15 |
SELVIANNA SIPAYUNG, S.Ag |
- |
- |
Guru |
|
|
16 |
ROSLAENI, S.Pdi |
19780501 201101 2 005 |
Penata Muda Tk. I, III/b |
Guru |
Pembina Seksi Kerohanian Islam |
|
17 |
G. PRIMA CAPAH, S.Pd |
- |
- |
Guru |
|
|
18 |
JONNY SUHARDO SIREGAR, S.Pd |
19660627 200701 1 005 |
Penata Muda, III/a |
Guru |
Pembina Seksi Kepribadian Unggul Wawasan Kebangsaan dan Bernegera |
|
19 |
FERDINAN J. E SITANGGANG,A.md |
- |
- |
Tendik |
|
|
20 |
ADI SIMARMATA, S.Pd |
- |
- |
Staf Khusus |
Pembina Seksi Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi |
|
21 |
EKA LESTARI KALOKO, S.Pd |
- |
- |
GURU |
|
|
22 |
UMMI AINUN, S.Pd |
19731122 199101 2 001 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Staf Khusus |
Pembina Seksi Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia |
|
23 |
FLORA YUNITA BR GINTING, ST |
19760628 200604 2 001 |
Pembina, IV/a |
Staf Khusus |
|
|
24 |
KRISTA Y. E. G. MANALU, S.Pd |
19810907 200502 2 003 |
Penata Tk. I, III/d |
Staf Khusus |
|
|
25 |
KARDINA GULTOM, S.Pd |
19720218 199801 2 001 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Staf Khusus |
Pembina Seksi Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan |
|
26 |
JATA SINAGA, S.Pd |
- |
- |
Guru |
|
|
27 |
HEBER ANANTHA KALOKO S.Sn |
- |
- |
Guru |
Pembina Seksi Prestasi Akademik, Seni dan Olahraga |
|
28 |
IKHA ROSMERY SIMANULLANG, S.Pd |
19870927 201903 2 002 |
Penata Muda, III/a |
Guru |
|
|
29 |
Drs. EDIAMAN HUTABARAT |
19650413 199801 1 001 |
Pembina Tk. I, IV/b |
Guru |
Pembina Seksi Demokrasi, HAM, Pndidikan Politik, Lingkungan Hidup dan Toleransi Sosial |
|
30 |
ELITA BINAN HANDAYANI, S.Pd |
19861030 200903 2 005 |
Penata, III/c |
Staf Khusus |
|
|
31 |
ANNE CLARA TARIGAN, S.Pd |
19740415 200604 2 011 |
Penata Tk. I, III/d |
Guru |
Pembina Seksi Sastra dan Budaya |
|
32 |
TIMBUL A. KUDADIRI, S.Pd |
19811212 200903 1 007 |
Penata, III/c |
Staf Khusus |
|
|
33 |
ALBOIN SIMANJUNTAK, S.S |
19711009 200502 1 001 |
Penata Tk. I, III/d |
Staf Khusus |
|
KEPALA SEKOLAH
Drs. SILAS SAHAT SIHOMBING
Pembina Tk. I
NIP. 19650727 199512 1 001
LAMPIRAN II : KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Nomor : 422/566/SMA.01/01/2022
Tanggal : 10 Oktober 2022
Tentang : Susunan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) Masa Bakti 2022-2023
No |
Nama |
NIS |
Kelas |
Jabatan |
1 |
BERHANS CORNELIUS BANCIN |
18916 |
XI IPS-1 U |
Ketua |
2 |
BLASIUS BREMA TUMANGGOR |
19360 |
X MIPA-2 U |
Wakil Ketua |
3 |
RENATA T. LUMBAN TORUAN |
19192 |
XI MIPA-1 U |
Sekretaris |
4 |
ETA CITRA SIHOTANG |
18995 |
XI MIPA-2 U |
Anggota |
5 |
DAMELIA WINNY LOUISA SILALAHI |
19383 |
X IPS-1 U |
Anggota |
KEPALA SEKOLAH
Drs. SILAS SAHAT SIHOMBING
Pembina Tk. I
NIP. 19650727 199512 1 001
LAMPIRAN III : KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 SIDIKALANG
Nomor : 422/ /SMA.01/01/2022
Tanggal : 09 Oktober 2022
Tentang : Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS Masa Bakti 2022-2023
No |
Nama |
NIS |
Kelas |
Jabatan |
1 |
YOEL REINHARD L. TORUAN |
19286 |
XI MIPA-8 |
Ketua OSIS |
2 |
DELLA PUSPITA SIHOMBING |
19393 |
X MIPA-5 |
Wakil Ketua OSIS |
3 |
MELIANI SIBURIAN |
19118 |
XI MIPA-8 |
Sekretaris |
4 |
ALDA PERMATA AINAL MANIK |
19318 |
X MIPA-8 |
Wakil Sekretaris |
5 |
FRANSISKA LAURA NOVELITA BR HARIANJA |
19012 |
XI MIPA-5 |
Bendahara |
6 |
DEBY SEPHYORIN ELOISYA SARAGIH |
19392 |
X MIPA-5 |
Wakil Bendahara |
7 |
MELIANA SIBURIAN |
19117 |
XI MIPA-7 |
Koordinator Seksi Kerohanian Agama Kristen Protestan |
8 |
JOHN SHANE ELIA MARBUN |
19070 |
XI MIPA-5 |
Seksi Kerohanian Agama KristenProtestan |
9 |
DICK MATHIAS DE HANS LUMBAN GAOL |
19405 |
X MIPA-5 |
Seksi Kerohanian Agama KristenProtestan |
10 |
EVRIA KARUNIA O.SIREGAR |
19448 |
X IPS-3 |
Seksi Kerohanian Agama KristenProtestan |
11 |
CRESIA ROXANNE LIMBONG |
18940 |
XI MIPA-7 |
Koordinator Seksi Kerohanian Agama Kristen Khatolik |
12 |
MICHAEL GURNING |
19125 |
XI MIPA-8 |
Seksi Kerohanian Agama Kristen Khatolik |
13 |
BERMAN BRILLIAN LIMBONG |
19354 |
X MIPA-7 |
Seksi Kerohanian Agama Kristen Khatolik |
14 |
DUMARIS SIMBOLON |
19415 |
X MIPA-8 |
Seksi Kerohanian Agama Kristen Khatolik |
15 |
RIZQI ADITYA M. NASUTION |
19212 |
XI MIPA-8 |
Koordinator Seksi Kerohanian Agama Islam |
16 |
MEGA SULISTIA LUMBAN GAOL |
19114 |
XI MIPA-7 |
Seksi Kerohanian Agama Islam |
17 |
REZKI ITA MARYATI SITORUS |
19646 |
X MIPA-8 |
Seksi Kerohanian Agama Islam |
18 |
DEVI ARTICA |
19396 |
X IPS-3 |
Seksi Kerohanian Agama Islam |
19 |
KARINA AULIA PADANG |
19081 |
XI MIPA-8 |
Koordinator Seksi Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bernegara |
20 |
MEI LORENJA BUANG MANALU |
19115 |
XI MIPA-6 |
Seksi Seksi Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bernegara |
21 |
MUHAMMAD HABIB FATAHILLAH |
19582 |
X MIPA-7 |
Seksi Seksi Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bernegara |
22 |
CAVIN VAN SIEGERT PASARIBU |
19368 |
X MIPA-4 |
Seksi Seksi Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bernegara |
23 |
CHRISTIAN ROMORA SINAGA |
18936 |
XI IPS-2 |
Koordinator Seksi Budi Pekerti luhur atau akhlak Mulia |
24 |
ANNA KLARINA BUTAR BUTAR |
19333 |
X MIPA-4 |
Seksi Budi Pekerti luhur atau akhlak Mulia |
25 |
WINA YUNITA MAHARAJA |
19276 |
XI MIPA-5 |
Seksi Budi Pekerti luhur atau akhlak Mulia |
26 |
DION MICHAEL NAINGGOLAN |
18979 |
XI IPS-4 |
Seksi Budi Pekerti luhur atau akhlak Mulia |
27 |
MARRUBA MARULY TUWA SIHOTANG |
19105 |
XI MIPA-5 |
Koordinator Seksi Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga |
28 |
HABEL JOGI MARISI SIHOTANG |
19031 |
XI MIPA-7 |
Seksi Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga |
29 |
VAVEL BERKAT TUA GIRSANG |
19709 |
X MIPA-5 |
Seksi Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga |
30 |
REBEKA ULI ARTHA LUMBAN TOBING |
19634 |
X MIPA-4 |
Seksi Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga |
31 |
FACHRI RASYAH PRASETIA SEMBIRING |
18997 |
XI MIPA-8 |
Koordinator Seksi Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup dan Sosial |
32 |
MUHAMMAD SYAHZAN HARAHAP |
19137 |
XI IPS-3 |
Seksi Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup dan Sosial |
33 |
PUTRI NURUL SIVA BR SARAGI |
19174 |
XI MIPA-8 |
Seksi Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup dan Sosial |
34 |
EUWISA NABABAN |
19444 |
X MIPA-8 |
Seksi Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup dan Sosial |
35 |
GREACIA NOELISA SIREGAR |
19028 |
XI MIPA-5 |
Koordinator Seksi Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan |
36 |
PANDAPOTAN BINTANG |
19166 |
XI IPS-2 |
Seksi Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan |
37 |
JELIA SABRINA SIREGAR |
19519 |
X MIPA-6 |
Seksi Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan |
38 |
RAISYA OLIVIERA |
19629 |
X MIPA-8 |
Seksi Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan |
39 |
ANASTASIA YOSEPHINE BR. TARIGAN |
18889 |
XI MIPA-8 |
Koordinator Seksi Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi |
40 |
ESTER LORENZIA SIREGAR |
18992 |
XI MIPA-8 |
Seksi Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi |
41 |
DEMI INGAN SIMANJORANG |
18965 |
XI MIPA-8 |
Seksi Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi |
42 |
DINAR AFRENTIA |
19410 |
X IPS-2 |
Seksi Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi |
43 |
CRISTINE A. NAYELA SINAGA |
18942 |
XI MIPA-7 |
Koordinator Seksi Sastra dan Budaya |
44 |
TIMOTHY JULIUS RONITUA TAMBUNAN |
19734 |
XI MIPA-5 |
Seksi Sastra dan Budaya |
45 |
ZEFANYA CHRISTIN VERIN MEICHA NAIBAHO |
19731 |
X MIPA-6 |
Seksi Sastra dan Budaya |
46 |
DEWA CLOWITHADA FITZGERARLD |
18968 |
XI MIPA-7 |
Seksi Sastra dan Budaya |
KEPALA SEKOLAH
Drs. SILAS SAHAT SIHOMBING
Pembina Tk. I
NIP. 19650727 199512 1 001